Asal mula Ayam Kampung Super

ayam kampung super 772x1024 Asal mula Ayam Kampung Super

Asal Mula Ayam Kampung Super

Kenapa ayam kampung super? kenapa tidak ayam broiler saja, kira-kira asal mula ayam tersebut dari mana ya? ya nampaknya topik ini sedang hot dibicarakan, layaknya trending topik di twitter saja dengan hash tag #ayamkampungsuper. Ada apa dengan ayam kampung super di tahun 2013 ini? Diketahui bersama bahwa beberapa tahun belakangan ini telah terjadi booming unggas jenis ini, dari sabang sampai merauke pun menjadi saksi keberadaan ayam kampung ini. Sebenarnya dari manakah asal mula ayam kampung super ini dimulai? Beberapa sumber yang kami dapatkan ternyata berawal dari breder besar di ayam ras/broiler yang mana pada waktu itu membuat suatu terobosan baru dalam ternak ayam kampung. Namun respon pasar pada saat itu tidak seperti yang diharapkan, menurut sumber yang kami dapatkan banyak peternak yang merugi karena hasil panen tidak mampu diserap pasar dengan baik. Muncul pertanyaan baru lagi di benak kita, ayam kampung super yang seperti apakah yang mampu diserap pasar dengan baik?bagaimanapun juga hasil panen lah yang menentukan keberhasilan usaha ternak ayam kampung bukan?

Era tahun 80-an merupakan tahun keemasan para peternakan unggas rakyat indonesia, dari ternak pedaging hingga petelur semua merasakan manisnya keuntungan yang cukup menggiurkan,dari peternak skala kecil 500ekor hingga skala yang besar 5000ekor merasakan hal yang sama, pada saat itu pemerintah juga berperan aktif untuk memajukan peternakan rakyat dengan memangkas bea masuk bibit dari luar negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternakan rakyat. Kala itu subsektor peternakan ayam ras mengalami revolusi peternakan dan mensukseskan pelita I masa orde baru. Namun sayang sekali lagi-lagi kita sangat tergantung dengan impor dari negara maju, iptek dan inovasi yang dimiliki negara maju menjadikan kita sangat ketergantungan dengan pengadaan bibit dan bahan baku pakan dari luar negeri, yang secara nyata hal ini sangat dipengaruhi oleh globalisasi ekonomi dunia sehingga pada saat krisis ekonomi tahun 1998 sektor ini sangat tergoncang hebat karena kita sangat tergantung dengan dollar dalam hal ini terkait pengadaan bibit dan bahan baku pakan dari negara maju. Menurut sumber kami disinyalir bahwa iptek dan inovasi memang mampu meningkatkan produksi namun juga mengakibatkan peternak kecil kita di semakin terpuruk ekonominya (link sumber).  Komoditas peternakan yang paling banyak yaitu telur dan daging, untuk telur kala itu masih memakai white leghorn, telur masih berwarna putih dan ukurannya besar seperti telur yang sekarang ini sudah berwarna kecoklatan.

Terkadang jumlah yang mayoritas mengalahkan sesuatu yang lebih sedikit jumlahnya, entah itu benar atau salah seringkali jumlah lebih banyak selalu dianggap yang paling populer, padahal belum tentu demikian. Seperti di ayam kampung kebanyakan memiliki warna coklat,hitam dan blirik namun ada juga yang memiliki warna kuning,putih dan keemasan. “Ga gitu juga kali,,,” seperti jargon tayangan di televisi, belum tentu yang minoritas itu kurang menarik dan dikaitkan dengan ayam sayur(baca: ayam potong)? Beberapa sumber yang kami dapatkan ayam potong pun di negeri asalnya ternyata juga mayoritas warna hitam, cek sumber videonya di link ini Karena di Negeri ini mayoritas ayam pedaging berwarna putih tak heran jika terkadang jika ada ayam kampung yang berwarna putih dikaitkan dengan ayam ras pedaging. Padahal masih banyak juga ayam kampung yang memang warna bulunya dominan putih seperti dibawah ini:

indukan ayamkampung Asal mula Ayam Kampung Super

 

 

 

 

 

 

 

Ayam Kampung Putih 300x225 Asal mula Ayam Kampung Super

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara tidak sengaja kami menemukan beberapa kelompok peternak ayam kampung yang malah cenderung¬† menyukai warna putih dan bersih tanpa cela, informasi yang kami peroleh bahwa menurut kepercaayaan penduduk sekitar warna hitam melambangkan iblis dan tidak baik dikonsumsi masyarakat penduduknya dan dipercaya akan mendatangkan musibah, daerah tersebut terletak di salah satu daerah yang berada di kepulauan bangka dan belitung yang terkenal dengan lokasi syuting film layar lebar “Laskar Pelangi”, namun apa mau dikata budaya dan adat istiadatnya berlaku demikian, meski rasa dan aromanya sama yang namanya kepercayaaan tetap saja dipegang teguh dan dianut sepanjang masa.

Poin yang terpenting dalam hal pengembangan usaha ternak ayam kampung adalah kualitas dan efisiensi hasil panennya, apalah artinya jika mendatangkan keuntungan yang tinggi di peternak namun dagingnya tidak disukai pasar, berlaku juga jika hasilnya sangat disukai pasar namun biaya produksi di tingkat peternak tidak sebanding dengan harga jualnya. Tampaknya kita sudah seharusnya lebih arif untuk mencari keunggulan di semua sisi tersebut, baik harga dan kualitas sehingga tidak ada lagi yang saling menjatuhkan satu dengan yang lain. Indonesia sangat kaya akan warisan budaya dan tradisi, terlebih lagi sumber daya alam yang sangat mencukupi jika kita mau meneliti dan mengembangkannya lebih dalam lagi. Sejalan dengan program pemerintah yaitu kewirausahaan nasional, ternak ayam kampung jika dikelola secara teritegrasi dan profesional cepat atau lambat muncul kemandirian dalam usaha serta mendorong terciptanya lapangan kerja baru yang tidak terbatas.

Posted in: Berita

About the Author:

Penyedia DOC Ayam Kampung | Unggulan dan Terbaik | Sumber informasi lengkap cara budidaya | cara ternak | tips dan trik | Ternak Ayam Kampung

5 Comments on "Asal mula Ayam Kampung Super"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Yohan says:

    Mau tanya Daftar Harga untuk DOC dan bibit Ayam Kampung Indukan nya ?..serta batas Harga dan Usia yg di perjual belikan ??…….

  2. andri says:

    mau tanya, klo mau up date harga jual bisa ga ya?thanks..

Post a Comment


+ six = 8