Kunci Sukses Ternak Ayam Jawa Super

jawa super Kunci Sukses Ternak Ayam Jawa Super

Kunci Sukses Ternak Ayam Jawa Super

Ayam Jawa Super atau yang biasa disebut dengan istilah Ayam JOPER sudah sangat familiar di telinga kita, Ternak Ayam Jawa Super merupakan peluang usaha yang cukup menggiurkan, utamanya para pebisnis di ranah ayam buras. Telah diketahui bersama bahwa Ayam Jawa Super merupakan hasil persilangan ayam jawa atau ayam kampung yang memiliki kualitas genetik tinggi dan telah mengalamai pemuliabiakan sehingga performa pertumbuhannya lebih baik dari ayam jawa kebanyakan. Entah kenapa kebanyakan dari kita lebih sering menyebutnya dengan Ayam Jawa Super,atau mungkin karena orang jawa sangat sering menamakan sesuatu hal yang berada di jawa dengan akhiran kata “jawa”, seperti gula jawa,ayam jawa,bebek jawa,dan sesuatu hal lain yang berada di pulau jawa.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas mengenai kunci sukses dalam beternak ayam jawa super. Telah banyak pengunjung yang meminta kepada kami untuk  menampilkan artikel yang membahas mengenai analisa usaha ternak ayam jawa super, semoga artikel kali ini dapat memuaskan para pecinta ternak ayam jawa super indonesia.  Dewasa ini Ayam Jawa Super menjadi peluang usaha baru yang sangat menggiurkan, karena permintaan daging ayam kampung meningkat secara signifikan. Akan tetapi dalam kenyataanya budidaya ternak ayam jawa menemui berbagai kendala,utamanya yaitu pertumbuhan yang cenderung lambat dan bobot yang tidak maksimal. Dengan berbagai teknologi ternak terbaru, kini hadir ayam jawa super yang secara nyata mampu memperpendek masa pemeliharaan panen,yaitu hanya 55-60hari.

Waktu panen yang relatif cepat pada ayam jawa super memberikan keuntungan yang cukup tinggi diantaranya tingkat kematian yang relatif kecil, penghematan biaya pemeliharaan dan pakan.  Ayam Jawa super merupakan hasil persilangan terbaru yang melibatkan teknologi pemuliabiakan ternak terbaru sehingga didapatkan pertumbuhan yang cepat dan memiliki karakteristik daging dan bentuk ayam kampung. Harga jual ayam jawa super lebih tinggi dibandingkan dengan ayam Ras, harga berkisar antara 22rb-25rb menurut riset pasar selama tahun 2011-2013. Penentu harga ayam kampung tetap mengikuti kaidah hukum ekonomi yaitu keadaan pasar, penawaran dan permintaan.


Tehnik Pemeliharaan ayam Jawa Super relatif mudah dan simpel, kandang yang dibutuhkan tidaklah harus dibuat dengan biaya tinggi. Prinsipnya yaitu kandang kering, alas tidak basah dan lembab,sirkulasi cukup dan usahakan kandang dengan tipe postal/lantai semen. Cocok untuk usaha sampingan yang memiliki pekerjaan utama yang lain, pemberian pakan pagi dan sore disesuaikan sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit.

Analisa Usaha Ternak Ayam Jawa Super

Berikut analisa usaha ternak Ayam Jawa Super per 500 ekor, rekomendasi pemeliharaan min 500 ekor karena tenaga yang digunakan untuk memelihara 100 dan 500 ekor tidak jauh berbeda,jadi alangkah lebih baik langsung 500 ekor agar untung juga bisa lebih terasa.

A. Biaya Operasional

NoKeteranganHarga SatuanJumlah UnitJumlah
1Pembelian bibit Ayam Jawa superRp. 4.200500 ekorRp. 2.100.000
2PakanRp. 305.00020 SakRp. 6.100.000
3Vitamin dan VaksinRp. 150.000Rp. 150.000
JumlahRp 8.350.000,-

B. Hasil

Angka kematian standar berkisar antara 5-10%, ambil saja 20 ekor mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya 480 ekor dengan berat rata-rata 0,9kg atau 9 ons.

Harga ayam terendah adalah Rp 20.000,-/kg (biasanya karena dampak permintaan turun, tahun 2013 terjadi di bulan januari-maret). Fluktuasi harga antara Rp 22.000,- s.d Rp. 25.000,- per kilogram (kg).

NoKeteranganHargaJumlah KiloJumlah Uang
1Penjualan AyamRp 24.000/kg0.95kg x 480 = 456 kg10.944.000
JumlahRp 10.944.000,-
Keuntungan = Pemasukan-Pengeluaran
= Rp 10.944.000-Rp.8.350.000
= Rp. 2.594.000

Data yang kami berikan berdasarkan harga pasar terbaru dan terupdate bulan ini (mei 2013) di kota Yogyakarta, di tempat lain disesuaikan.

Demikian beberapa gambaran mengenai prospek usaha ternak ayam jawa super, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.


Posted in: Berita
Profile photo of drh.Berlianagara

About the Author:

Penyedia DOC Ayam Kampung | Unggulan dan Terbaik | Karkas Ayam Kampung| cara ternak | tips dan trik | Ternak Ayam Kampung

76 Comments on "Kunci Sukses Ternak Ayam Jawa Super"

Trackback | Comments RSS Feed

Inbound Links

  1. Panduan Ternak Ayam Kampung untuk Pemula | 30/12/2012
  2. Kunci Sukses Ternak Ayam Jawa Super | My Blog | 25/01/2013
  3. JAWA SUPER « Bisnis Kita | 30/01/2013
  1. safar says:

    saya menayakan apa bapak bisa menggirim DOCnya di luar pulau jawa. seperti di daerah saya. di kendari – sulawesi tenggara, dan maksimal berapa ekor pengirimannya dan berapa harganya per ekor sampai di kendari. thank’s mohon info baliknya

  2. chelsa says:

    mau nanya,di nganjuk apakah ada agen jogja farm nya ,klau ada di daerah mana ya…?

  3. utomo says:

    kalau sampai wonogiri minimal berapa ekor?trus harga brp+ongks krm?

  4. Edy says:

    Mhn minimal pemesanan di antar berapa ekor doc ayam jawa super harga Rp. 4200,00 udah di vaksin ND, IB, terimakasih infonya,.

  5. ahmad saefulloh says:

    Mohon petunjuk untuk luas lahan per 500 ekor ayam berapa idealnya, dan bentuk kandang yang ideal untuk dengan luas yang cukup idel.
    trims

  6. abah abun says:

    yang mau fokus di ayam kampung jangan menyerah ,,maju terus,,,

  7. s haryanto says:

    analisa usaha kok tidak ada upah tenaga, biaya kandang, penyusutan kandang dan kembali modal …sampe berapa tahun …kurang detail mohon direview

  8. dodi says:

    salam hangat salam sukses

  9. febri says:

    mohon pencerahanya,saya febri di klaten,saya ingin berternak ayam jawa,yang masih saya bingungkan adalah DOC dan pemasaranya jika sudah besar.

  10. Haryo says:

    Mhn infonya ya…salam sukses untuk Jogjafarm

Post a Comment


+ two = 8

%d bloggers like this: