Menejemen Kandang Ayam Kampung dan Kesehatannya

P9180530 1024x768 Menejemen Kandang Ayam Kampung dan Kesehatannya

Menejemen Kandang Ayam Kampung dan Kesehatannya

Usaha ternak ayam kampung memang selalu lekat dengan tangan rakyat kecil, oleh karena nya jika tidak diangkat ke permukaan dan dilirik oleh para petinggi bangsa (baca:pemerintah), maka akan terus tergerus dan terlindas oleh perusahaan besar perunggasan. Seperti yang banyak didengungkan pada tahun pemilu ini, yaitu ekonomi yang berpihak kepada rakyat atau biasa disebut dengan ekonomi kerakyatan. Menurut kamus besar bahasa indonesia ekonomi kerakyatan yaitu sistem ekonomi yang mengacu pada peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, memang sudah sangat jarang ditemukan model yang demikian ini, seringkali setiap proyek apapun baik swasta ataupun pelat merah bisa dipastikan sering mempergunakan model sistem kapital dengan basis permodalan besar. Baik dari supliyer dan bahan bakunya lebih banyak dipakai dari luar (baca:import), meja dan kursi saja impor, yang artinya kita membayar jam kerja orang luar negeri kan? bagaimana nasib para buruh kita? cukup miris jika melihat kenyataanya memang seperti itu.

Menjadi pemimpin suatu organisasi tidaklah mudah, perlu skill dan intelegensitas tinggi, organisasi baik swasta maupun nasional perlu yang dinamakan sistem menejemen mutu. Menjadi pemimpin perlu ketegasan, meski kebijakan yang dibuat tidak populer dan tampak memberatkan para bawahan ataupun pegawai fungsional dibawahnya namun kita harus yakin bahwa keputusan yang diambil akan berdampak baik bagi perusahaan jika itu swasta,jika dalam hal ini pemerintah maka kebijakan harus memihak kepada rakyat dari semua kalangan. Tidak bisa dipungkiri, mayoritas pemimpin yang berada di pucuk kepemimpinan suatu organisasi pasti merupakan orang-orang pilihan, memiliki skill dan integritas tinggi serta hati nurani. Seringkali yang menjadikan beban seorang pemimpin adalah para bawahan/ fungsional yang bekerja asal-asalan dan tidak terarah ,hal ini seringkali menjadi bumerang bagi pemimpin apik di beberapa posisi strategis yang berakhir dengan akhir jabatan yang buruk. Kata kunci nya yaitu sekarang ini tantangan nyata dalam keberhasilan sebuah organisasi yaitu mencari sumber daya manusia yang memiliki kualitas, integritas dan komitmen tinggi agar cita-cita suatu organisasi bisa terwujud. tidak jauh beda dengan sebuah usaha peternakan rakyat ayam kampung, dibutuhkan pemimpin/ ketua kelompok ternak yang visioner dan tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi, karena menurut survey dana yang telah digelontorkan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta dana hibah dari anggota dewan untuk wilayah jogja dan sekitarnya saja sudah lebih dari 1 milyar untuk mendukung wacana swasembada unggas lokal.

Kembali ke topik kita yaitu kesehatan memegang kunci 90 persen dari keberhasilan suatu usaha peternakan ayam kampung, faktor utama yang perlu diperhatikan pertama kali yaitu menejemen kandang yang baik serta konstruksi kandang yang baik. Ketinggian dari permukaan laut, suhu lingkungan, kelembaban udara, dan kecepatan angin mempunyai efek yang cukup signifikan terhadap tumbuh kembang ayam kampung. Secara garis besar ayam kampung cenderung bertumbuh dengan optimal pada suhu yang cukup hangat jika dibangingan dengan ayam ras (broiler), sehingga memang perlu penyesuaian dan adaptasi jika kandang yang dipakai merupakan ex- kandang ayam ras. Normalnya kandang dibuat dengan ketinggian yang cukup untuk menopang sirkulasi dan ventilasi udara, misal untuk tipe postal ketinggian sampai atap berkisar 2-2.5m dari permukaan tanah, jika kandang panggung minimal 1 m dari permukaan tanah. Namun memang perlu pengalaman dan keahlian khusus dalam hal setting kandang, tata letak dan arah angin yang salah menyebabkan tumbuh kembang ayam kampung tidak optimal. Atap kandang juga memiliki arti penting yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan, direkomendasikan atap tetap dari genteng dan bukan bahan lain seperti seng dan asbes, alasannya sederhana yaitu genteng disaat matahari terik mampu menyimpan panas dan ketika malam hari tiba mampu melepaskan panasnya sehingga ayam tidak langsung merasakan dingin. Lain halnya jika itu seng yang notabene merupakan konduktor panas, saat terik ayam kepanasan sekali, disaat malam ayam langsung kedinginan, hal ini yang merusak sistem metabolisme ayam sehingga pertumbuhan menjadi tidak sempurna.

Kesehatan ternak seperti asuransi yang memberikan ketenangan terhadap peternak, meski sampai saat ini belum ada asuransi yang berani menjamin usaha ternak rakyat. Terkadang untuk peternak pemula berharap biaya murah namun mampu memproteksi lebih dan semua usaha ternaknya, hal ini bisa saja terjadi hanya dan jika kandang masih baru atau baru pertama kali diisi,wajar tentunya masih belum banyak akumulasi penyakit disana, namun banyak pula yang kecolongan dan terlena dengan biaya yang murah akhirnya terkena serangan wabah ataupun penyakit kronis yang tidak kunjung sembuh yang berakibat pada menurunnya pendapatan peternak sendiri. Dalam hal pemeliharaan ternak ayam kampung secara serius vaksinasi menjadi kewajiban dan keharusan jika tidak ingin investasinya tebuang percuma, tidak ada lagi kata aman tanpa vaksin untuk ternak ayam kampung, bagaimanapun juga udara kita sudah tercemar dengan virus-virus dari luar negeri,atau ada yang bilang vaksin herbal dan peningkat daya tahan atau imunitas, namun di kenyataan di lapangan tetap terjadi wabah jika itu musimnya. Lain kali kami akan berikan artikel mengenai mekanisme pembentukan antibodi dalam vaksinasi secara tetes maupun injeksi untuk memperjelas alasan mengapa vaksinasi wajib bagi setiap peternak ayam kampung.

Banyak orang atau sering kebanyakan dari kita mendengar istilah “Biosecurity”, kira-kira apa ya artinya? Jika kita melihat dari segi bahasanya dan asal-usul kata makna biosecurity yaitu berasal dari kata bio yang artinya hidup dan kata security yang mempunyai arti perlindungan atau pengamanan. Lengkapnya bahwa hal ini merupakan suatu program yang dirancang sedemikian rupa dengan tujuan untuk melindungi kehidupan makluk hidup yaitu ternak yang memiliki kontribusi sangat besar bagi kehidupan manusia yakni sebagai pemasok ketersediaan daging yang berkontribusi sebagai sumber protein hewani bagi manusia yang mengkonsumsinya. Biosecurity tidak hanya diarahkan pada tindakan kebersihan semata, tetapi secara luas lagi bagaimana cara memberikan jaminan keamanan pada ternak agar ternak yang dipelihara mampu hidup lebih nyaman dan dapat memberikan hasil optimal pada peternak. Selain itu, dengan biosecurity dapat pula menghasilkan produk ternak yang aman pula bagi konsumennya, sehingga konsumen tidak lagi ragu dan was-was terhadap produk yang dihasilkan ternak, bisa jadi akan menetapkan pilihan akhirnya hanya produk ternaklah yang bermutu dan berkualitas dalam memberikan jaminan ketersedian protein hewani bagi masyarakat indonesia. Dengan ini, maka pilihan yang tepat dalam usaha ternak ayam kampung adalah penerapan biosecurity secara lengkap dan menyeluruh dengan menselaraskan semua kegiatan manajemen yang ada untuk mengatasi kemungkinan kejadian penyakit yang masuk, tinggal, dan menginfeksi suatu usaha peternakan ayam.

Posted in: Berita

About the Author:

Penyedia DOC Ayam Kampung | Unggulan dan Terbaik | Sumber informasi lengkap cara budidaya | cara ternak | tips dan trik | Ternak Ayam Kampung

Post a Comment


three − 2 =